Haruskah Bagian Dalam Helm Juga Dicuci?

Salah satu cara menjaga kebersihan helm adalah dengan mencucinya. Meski demikian, masih banyak biker yang menyimpan pertanyaan, amankah helm dicuci, termasuk bagian dalamnya?

Brand Ambassador Cargloss Group, Erick Saputra mengatakan, semua tentu aman dan justru lebih baik. Namun saat hendak mencuci helm sebaiknya perhatikan bagian dalam helm.

“Jadi ada helm yang inner atau busa-busa di dalamnya bisa dibuka ada yang paten. Sebenarnya selama mencuci hanya dilakukan pada bagian busa dan kain-kainnya enggak masalah,” kata Erick di Jakarta.

Saat ini, kata dia, mencuci helm bisa dilakukan sendiri maupun di toko atau outlet pencucian khusus helm. Cara mencuci pun semakin beragam, ada yang menganut sistem wet cleaning ada pula yang dry cleaning.

“Sebenanya baik wet cleaning, cuma kan biasanya waktunya lebih lama. Makanya bisa tinggal jalan-jalan dulu. Kalau dry cleaning itu biasanya yang bisa tunggu,” kata dia.

Mencuci helm dengan cara wet cleaning, kata dia, membuat semua bagian dalam helm lebih bersih. Namun, pastikan setelah dicuci bersih, busa dan kainnya harus dikeringkan dengan benar, agar tidak lembab dan bau.

“Catatan saya, pilih tempat cuci helm yang memang professional, artinya bukan cuma bisa buka bagian dalamnya, pasangnya lagi juga harus rapi. Kami sering di sini terima dari konsumen, mereka cuci helm, pas sudah selesai rasanya jadi beda, kayak enggak pas. Akhirnya kami rapikan lagi,” ujar dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *