Benar Apa Hoax? Isi Bensin Pagi Hari Takarannya Lebih Banyak

Tak banyak yang tahu jika sebenarnya mengisi BBM alangkah baiknya juga harus memerhatikan pemilihan waktu. Sebab bisa jadi berpengaruh terhadap kualitas dan kejernihan BBM yang dibeli.

Meski terdengar sepele, namun mengisi BBM pagi hari atau tengah malam ternyata merupakan salah satu waktu terbaik untuk mengisi ulang bahan bakar.

Karena pada waktu tersebut bisa jadi bahan bakar lebih jernih dari kotoran ketimbang waktu-waktu lain. Lho kok bisa?

Seperti dilansir WeloveHonda, saat siang hari, di mana suhu bumi mulai memanas, terjadi aliran konveksi pada simpanan deposit bensin di dalam tangki. Simpelnya, kotoran yang sudah mengendap di bawah, pada pagi dan malam malah naik ke atas ketika siang hari.

Aliran bensin yang sedang digelontorkan ke dalam secara tidak langsung membuang kotoran-kotoran yang telah mengendap sebelumnya di dasar tangki.

Laporan menyebut, suhu terendah bumi ada pada pukul 02.30 WIB. Pada saat siang hari, tanah sekitar tempat penyimpanan BBM menyerap panas dan akan menyimpannya. Kondisi ini akan berangsur-angsur menghilang sampai sekira pukul 02.30 pagi. Maka itu, mengisi bensin pada jam-jam segini dianggap sangat tepat.

Ada kelebihan lain mengisi BBM pada pagi hari atau tengah malam. Di waktu suhu dingin, densitas dari bensin berada pada posisi yang paling tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi partikel bensin dalam kondisi yang paling rapat.

Maka dalam takaran volume yang sama, pengendara dapat memperoleh volume bensin yang lebih banyak ketimbang saat suhu tinggi. Dua liter bensin saat suhu rendah lebih banyak daripada dua liter bensin yang dibeli ketika suhu tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *